Klasik & Efektif: Tentukan Garis Support & Resistance Anda

Posted on Oct 23, 2013

Seperti yang diketahui, ada beragam sistem trading yang bisa dimanfaatkan untuk menggapai profit dalam dunia trading. Tools semacam ini tentu merupakan penyokong bagi trader.

MRG Trade juga menyarankan Anda harus lihai dalam melihat pergerakan pasar kemarin, hari ini, dan tentunya prediksi masa datang. Entah minggu depan atau bulan depan, banyak sekali “pekerjaan rumah” bagi trader.

Ilustrasi menentukan garis support & resistanceSepertinya untuk menganalisis trading chart tiap harinya adalah pekerjaan yang sulit untuk dilakukan oleh trader. Dan begitu banyak analisis teknikal yang bisa dipakai untuk menganalisis trading chart, tetapi Anda masih belum mahir trading?

Ada satu analisis teknikal yang trader (sebenarnya sudah) ketahui, tetapi jarang efektif dipakai, analisis teknikal berikut memiliki sifat sederhana, klasik, dan kenyataannya masih efektif.

Adalah analisa teknikal garis support dan resistance.


Menentukan garis support dan resistance

Garis support dan resistance bisa membantu anda membuat analisa harian yang sederhana dan efektif. Dan untuk menambah kehebatan analisa teknikal ini anda juga lebih baik kombinasikan dengan data-data dan berita fundamental yang ada.

Garis support resistance sebenarnya “cukup” untuk bekal anda dalam bertrading. Berikut cara gampang menetukan garis support dan resistance:

Tentukan garis support dan resistance terlebih dulu, biasanya harga akan bereaksi di sekitar level tersebut. Untuk itu, lihat pada weekly chart, tentukan garis support dan resistance dengan menarik garis horizontal seperti gambar di bawah.


Menemukan garis support dan resistance adalah dengan menentukan titik pembalikan arah harga yang terlihat pada trading chart. Setelah itu switch time frame Anda ke pergerakan harga yang lebih rendah, ke daily chart.


Menurut MRG Trade, yang perlu diperhatikan dalam menentukan garis support dan resistance adalah polanya yang tidak selalu relevan antara weekly chart dengan daily chart. Anda harus menentukannya kembali.

Contohnya:

Pada kedua chart EUR/USD di atas, titik resistance 1.3172 pada weekly chart disesuaikan dengan level 1.3193 pada daily chart yang jelas tampak sebagai resistance. Di samping itu, kita juga menambahkan level 1.2955 sebagai support & resistance yang pada weekly chart tidak tampak. Sementara 1.2748 tetap tampak sebagai level kunci pada weekly chart maupun daily chart.

Level kunci resistance atau support tidak harus ditentukan dari setiap level yang tampak, tetapi hanya mengambil level-level yang mengalami pembalikan arah pergerakan harga (reversal) secara signifikan.

Selain mengamati formasi bar atau price action pada level tersebut, anda harus paham konsep menentukan support & resistance:

  1. Garis horizontal level support akan berubah fungsi sebagai garis level resistance bila berhasil ditembus (break) dan sebaliknya.
  2. Garis uptrend sebagai garis support akan berubah fungsinya sebagai garis resistance bila telah tertembus dan sebaliknya.
  3. Garis indikator moving average yang sebelumnya menunjukkan batas level resistance akan berubah menjadi level support bila berhasil ditembus dan sebaliknya.

Pada akhirnya, prinsip garis support resistance merupakan titik yang menjadi pengukur kedisiplinan Anda selama bertrading.

Sebagai salah satu dari berbagai analisis teknikal yang ada, garis support dan resistance berfungsi sebagai penentu entry point dan penentu level stop loss. Cara menghitung garis support dan resistance pun beragam, yang mungkin akan dibahas di lain artikel.


Jadi, tentukan garis support dan resistance-mu sekarang!!


 

2 comments

  • Hello, guest